Pebisnis sosial harus kreatif menemukan solusi, bahkan dari selembar kardus yang dianggap tidak berguna. Di India, Organisasi Non-Profit bernama Aarambh berhasil menciptakan solusi bagi anak-anak sekolah dasar dengan keterbatasan fasilitas. Mereka menciptakan meja belajar portable yang juga dapat berfungsi sebagai tas sekolah, dari bahan kardus!
Anak Sekolah Tanpa Meja Belajar
Sama seperti Indonesia, India adalah negara berkembang dengan populasi yang besar. Tak dapat dipungkiri, salah satu masalah terbesar negara berkembang adalah pendidikan yang masih belum merata. Masih banyak sekolah yang tidak dapat menyediakan fasilitas belajar yang memadai, contohnya meja belajar.
Bagi kebanyakan kita meja belajar tak pernah terpikirkan sebagai masalah, tapi bagi mereka yang tidak mampu menjadi masalah besar. Anak-anak jadi harus mencatat di lantai. Kondisi ini berdampak buruk bagi kesehatan, dapat menyebabkan postur tubuh yang abnormal dan merusak penglihatan mata. Tidak adanya meja juga membuat anak-anak tidak bisa mencatat dengan baik dan mengganggu kenyamanan dalam belajar.
Solusi Itu Bernama HelpDesk
Dari kondisi ini, Aarambh mencoba memberikan solusi dengan menciptakan meja belajar portable. Mereka memahami bahwa target pengguna produk mereka adalah anak-anak kurang mampu, karenanya mereka mencari bahan yang murah dan mudah ditemukan. Pilihan mereka jatuh kepada kardus.
Mereka menamakannya HelpDesk. Dengan desain yang ergonomis, mereka dapat menghasilkan meja portable yang memiliki kualitas dan ketahanan yang baik. Tak hanya itu, mereka juga mendesain agar meja ini juga dapat digunakan sebagai tas sekolah.
Kreativitas yang ditunjukkan dalam desain ini menghasilkan solusi yang juga bersifat ekonomis. Satu unit HelpDesk hanya membutuhkan kurang dari 10 Rupee ($20 cents) untuk diproduksi. Dengan harga produksi yang murah, Aarambh dapat memproduksi HelpDesk secara massal dan membagikannya kepada ratusan anak sekolah di daerah-daerah terpencil di Maharashtra.
HelpDesk menginspirasi kita agar bisa memanfaatkan kreativitas untuk menghasilkan solusi. HelpDesk merupakan hasil kombinasi kepedulian terhadap masalah sosial, desain produk yang berkelas, dan solusi ekonomi yang praktis. Tiga faktor yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis sosial.
Semoga menginspirasi!
*Dikutip dari sosialbisnis.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar